Sabtu, 02 Januari 2010

10 Lubang Terbesar Di Dunia


Darvaza Gas Crater-Turkmenistan(The Door to Hell)

Berada di jantung gurun Karakum di Turkmenistan. The Darvaza Gas Crater atau The Burning Gates ini terlihat terang meskipun dilihat dari jarak beberapa kilometer ketika malam hari.
a as a

Diamond Mine-South Africa

The Kimberley Diamond Mine (atau disebut juga the Big Hole), memegang rekor sebagai lubang buatan tangan yang terbesar di dunia (the largest hand-dug hole in the world). Dari tahun 1866 sampai 1914, 50,000 penambang menggali lubang dengan cangkul dan sekop, yang menghasilkan berlian seberat 2,722 kg.
a

Glory Hole - Monticello Dam-California

The Monticello Dam adalah sebuah bendungan di Napa County, California, United States. Besarnya lubang buatan ini mempunyai katup yang mampu mengeluarkan air sampai 48,400 meter kubik per detik.

Glory Hole ini julukan yang kerap kali diberikan kepada saluran air di Dam Monticello, California.

Dam yang dikonstruksikan pada tahun 1953 ini memiliki saluran air yang berfungsi menyedot air jika ketinggian air mencapai batasnya.
(Lihat di gambar 1 dan 2 adalah saat dam sedang “penuh”, gambar 3 saat dam sedang “kering”, dan gambar 4 adalah aliran air yang dikeluarkan di bawah)

Dam ini kini memiliki pembangkit listrik dengan 3 generator, dan menyokong listrik di daerah North Bay, San Fransisco.
as


Bingham Canyon Mine-Utah

The Bingham Canyon Mine adalah tambang tembaga di pegunungan Oquirrh, Utah. Tambang ini mempunyai kedalaman 0.75 mile (1.2 km), dan lebar 2.5 miles (4 km). Ini memasukkan tambang ini sebagai The world’s largest manmade excavation.(Source: CRIENGLISH.com/china.org.cn).
as asd

Great Blue Hole-Belize.

The Great Blue Hole adalah sebuah gua vertikal (palung laut) yang berada di pantai negara Belize. Lubang ini mempunyai diameter 1,000 feet dan kedalaman400 feet. Lubang gua ini terbentuk selama akhir jaman es (last iceage).

Situs ini telah diresmikan oleh UNESCO sebagai World’s Heritage Site, atau Situs Peninggalan Dunia (kayak Candi Borobudur, Taman Nasional Komodo, dll). Saat ini Great Blue Hole terkenal dan sering dikunjungi oleh para penggemar Scuba Diving sehingga menjadi lokasi favorit Turis yang datang ke Belize.
asd 34

Mirny Diamond Mine-Siberia

The Mirny Diamond Mine adalah sebuah tambang berlian yang mempunyai kedalaman 525m dan diameter 1200m. Tambang ini sekarang sudah ditutup. Pada waktu masih beroperasi, truk tambang membutuhkan waktu 2 jam dari dasar tambang ke permukaan.

Mirny Mine ini berlokasi di Siberia Timur, Rusia. Dengan kedalaman 525 meter dan diameter 1200 meter, pertambangan ini diyakini sebagai yang kedua terbesar di dunia. Saking besarnya, gaya tekan ke bawah di lokasi ini pun demikian hebat, hingga helikopter sangat dilarang untuk melintas di atasnya. Beberapa helikopter sebelumnya yang melintas seakan tersedot ke bawah dan jatuh.
Situs pertambangan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1957. Geologis yang menemukannya bahkan diberikan Pengargaan Lenin, salah satu penghargaan tertinggi di Uni Soviet. Pada tahun 1960an tambang ini menghasilkan 10 juta karat (2 ton) intan per tahun. Pertambangan di lokasi ini dihentikan pada tahun 2001.
asd asde

34534

Diavik Mine-Canada

The Diavik Mine adalah sebuah tambang di Northwest territories of Canada. Tambang ini (opened in 2003) memproduksi 8 million carats atau sekitar 1,600 kg (3,500 lb) berlian (diamonds) setiap tahun.
as32 234

Sinkhole-Guatemala

Pernahkah terbayangkan bahwa di tengah pemukiman padat perkotaan yang sedang kita tinggali, tiba-tiba permukaan tanahnya “hilang” dan rumah kita jatuh ke dalam lubang tersebut? Jangan kira ini hanya semacam khayalan atau film horror, kejadian ini benar-benar terjadi!
Pada tanggal 26 February 2007, lubang sedalam 300 foot melongsorkan lusinan rumah diGuatemala. Lubang ini terjadi karena hujan dan an underground sewage flow.

Penelitian yang dilakukan otoritas setempat menyebutkan bahwa lubang raksasa ini disebabkan kesalahan / kebocoran cairan dari saluran air di bawah tanah yang “menyerap” bebatuan di sekitarnya.
23423234

Udachnaya Pipe-Russia

The Udachnaya Pipe adalah sebuah tambang berlian di Russia. Pemilik tambang ini berniat untuk menutup tambang ini pada tahun 2010. Tambang ini pertama kali dibuka pada tahun 1955 dan mempunyai kedalaman lebih dari 600 meter.
asd





Chuquicamata-Chile

Chuquicamata adalah sebuah pertambanan tembaga terbuka di Chile. Tambang ini salah satu yang menghasilkan tembaga terbesar didunia, meskipun bukan merupakan tambang tembaga yang terbesar. Tambang ini mempunyai kedalaman lebih dari 850 meter.
asd asd

Freeport di Timika

a as as23 asd asd


Sarisarinama Plateau
 




Sarisarinama Plateau berlokasi di Taman Nasional Jaua Sarisarinama, Venezuela. Lubang yang memiliki luas dan kedalaman masing-masing 350 meter ini masih merupakan misteri alam. Tebing alam raksasa yang mengelilinginya telah menciptakan ekosistem sendiri yang terisolasi, dengan berbagai flora dan fauna yang unik dan tidak dijumpai di belahan dunia mana pun.
Demikian terisolasinya, bahkan situs ini baru ditemukan pada tahun 1974. Ekspedisinya didokumentasikan pada buku “Into the lost world” karya David Notts.

Sumber  :
  •  http://www.dailycognition.com/index.php/2009/05/27/5-giant-holes-that-devoured-everything-around-them.html 
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Mir_mine 
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Great_Blue_Hole

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hehehe wah kok bisa

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates